HomeBeritaWarta BPKH KupangPresiden Joko Widodo Hadiri Puncak Peringatan HMPI, BMN dan HCPSN 2015

Reserved by WHO

[..just an empty space to put something..]

Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Banjarbaru : Presiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo menghadiri Puncak Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2015, Kamis (26/11) di Tahura Sultan Adam, Kecamatan Karangintan, Banjar, Kalimantan Selatan. Tahura Sultan Adam dipilih sebagai lokasi peringatan karena Tahura ini menjadi salah satu wilayah kebakaran hutan yang cukup luas, sehingga membutuhkan rehabilitasi.

 
Tema peringatan ini adalah 'Ayo Kerja Tanam dan Pelihara Pohon'. Hal Ini sebagai upaya untuk mendorong komponen masyarakat membangun keanekaragaman hayati dan kondisi lingkungan hidup yang lebih baik. 
 
Dalam sambutannya Presiden menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% pada tahun 2030. Presiden mengajak peran serta dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut. Namun demikian Presiden Jokowi mengakui bahwa tahun ini merupa kan tahun terburuk bagi Indonesia sebagai penghasil gas karbon akibat kebakaran hutan. 
 
"Indonesia memiliki luas hutan terbesar, tetapi ironisnya kita penyumbang emisi karbon terbesar keenam di dunia, apalagi tahun ini yang terbesar akibat kebakaran hutan. Ini bukan prestasi, tetapi mengingatkan kita semua," ujar Jokowi.
 
sumber dan foto : www.ppid.dephut.go.id